Profil Calon Pengurus Sekretariat Nasional YIFoS 2016-2020 : Para Alumni Queer Camp dan Keberlanjutan Organisasi

Semenjak akhir Oktober 2016, YIFoS sibuk mempersiapkan kegiatan penting, yakni Forum Rapat Nasional. Ini merupakan forum bagi pengurus YIFoS 2012-2016 untuk mempertanggungjawabkan kerja-kerja selama ini serta untuk memilih pengurus YIFoS 2016-2020. Forum Rapat Nasional ini menjadi momen refleksi serta konsolidasi bagi untuk merumuskan bersama mengenai arah dan strategi selama lima tahun kedepan, baik dalam pengelolaan organisasi, peran strategis dalam gerakan sosial, serta memastikan terselenggaranya kultur demokrasi dalam proses pergantian kepemimpinan YIFoS.

Khusus untuk proses pencalonan pengurus Sekretariat Nasional 2016-2020, YIFoS membentuk panitia persiapan Forum Rapat Nasional yang fungsinya selain mempersiapkan terselenggaranya forum ini, juga untuk memfasilitasi dan membangun mekanisme pencalonan ini. Dalam Anggaran Dasar YIFoS, Sekretariat Nasional terdiri dari Koordinator Nasional, Bendahara Nasional dan Sekretaris Nasional.

Untuk itu, panitia menyusun tahap-tahap sebagai berikut sebelum pemilihan berlangsung, yakni  :

  1. Pembukaan pendaftaran calon pengurus Sekretariat Nasional 2016-2020 dari akhir Oktober hingga 30 November 2016
  2. Masa perumusan visi, misi dan program/strategi dari para calon pengurus Sekretariat Nasional, dimulai dari 1 – 8 Desember 2016
  3. Masa sosialisasi online para calon pengurus Sekretariat Nasional, dimulai dari 12-15 Desember 2016

Dua tahap telah dilalui dan panitia menerima 6 (enam) orang calon pengurus Sekretariat Nasional 2016-2020 serta rumusan visi, misi dan program/strategi mereka. Keenam orang ini adalah anggota YIFoS yang juga menjadi bagian dari kesejarahan YIFoS karena peran dan kontribusi mereka selama ini dalam kegiatan ataupun program YIFoS. Keenam orang ini tentu juga adalah alumni Queer Camp. Sejak Queer Camp terselenggara, YIFoS percaya bahwa para alumni menjadi sumber inspirasi dan kekuatan bagi YIFoS untuk mengembangkan dirinya sebagai organisasi anak muda. Oleh karena itu, kepemimpinan YIFoS tak mungkin lepas dari para alumni Queer Camp. Setiap alumni Queer Camp punya perjalanannya sendiri-sendiri dalam menemukan diri dan otoritas tubuhnya, memaknai relasi kuasa dari berbagai norma dan nilai yang ada di luar dirinya, hingga menemukan langkah-langkah untuk melakukan transformasi sosial.

Sebagai organisasi anak muda yang baru berumur 6 (enam) tahun, YIFoS masih dalam proses bertumbuh. Dalam proses tersebut juga, YIFoS meyakini bahwa kepemimpinan anak muda harus terus bergulir dan upaya untuk merealisasikan hal tersebut adalah bagian dari merawat keberlanjutan, transfer pengetahuan dan pengalaman diri dan organisasi agar tak terputus dan terkumpul di beberapa individu.

Jadi, mari mengenal lebih dekat 6 (enam) orang alumni Queer Camp yang jadi sumber keberlanjutan YIFoS untuk lima tahun ke depan. Setelah melihat profil mereka, mari bergabung untuk turut andil memikirkan masa depan YIFoS dengan menyampaikan gagasan, pendapat, pertanyaan dan masukanmu terhadap rencana-rencana perubahan mereka!

Catatan :

  • Urutan dibuat berdasarkan alfabetikal.
  • Profil Calon dipublikasi berdasarkan termin sosialisasi online, yakni tiga orang untuk termin pertama (12-13 Desember) dan tiga orang berikutnya untuk termin kedua (14-15 Desember).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s