APF LGBTIQ

ASEAN Civil Society Conference/ASEAN People’s Forum (ACSC/APF) merupakan pertemuan tahunan berbagai komponen masyarakat sipil yang dimulai pada tahun 2005 di Malaysia. Pertemuan ini dilanjutkan di Filipina pada 2006, Singapura pada 2007, Thailand pada 2009, Vietnam pada 2010 dan Indonesia pada 2011. Di setiap akhir pertemuan di Forum tersebut, masyarakat sipil akan membuat statemen kolektif dan rekomendasi untuk ASEAN.

Tahun 2012, ACSC/APF diadakan di Phnom Penh, Kamboja pada 29-31 Maret 2012. Tanggal tersebut dipilih karena pada 3-4 APril 2012 akan diadakan ASEAN Summit yang ke-20. Pertemuan ini menjadi sebuah ruang bagi debat konstruktif dan demokratis mengenai ide, formulasi mengenai ASEAN, dan juga menjadi sarana untuk saling berbagi pengalaman dengan berbagai gerakan dan masyarakat sipil serta memperluas jaringan terhadap berbagai isu di wilayah Asia Tenggara, khususnya proses pembangunan komunitas. Tahun ini, berefleksi dari perhatian utama masyarakat ASEAN, maka tema yang dipilih adalah “Transforming ASEAN into a People Centred Community”. Tema ini dikerucutkan dalam wokshop tematik sebagai berikut

01. Natural resources & environment
02. Land rights & evictions
03. Indigenous peoples, ethnic minorities & LGBTIQ rights
04. Gender & women’s rights
05. Child & youth rights
06. Civil liberty, good governance & rule of law
07. Persons with disabilities
08. Democracy & election
09. Migration (migrant workers)
10. Refugees & IDPs
11. Agriculture
12. Economic justice
13. Trade union, labour rights & workers
14. Peace & security
15. People’s regional alternatives
16. Education
17. Health

Adanya ruang perbincangan mengenai hak-hak LGBTIQ menjadi momen yang signifikan bagi masyarakat sipil di Asia Tenggara untuk memasukkan SOGI (sexual orientation and gender identity) ke dalam Deklarasi HAM ASEAN, mengingat berbagai pelanggaran HAM berbasis orientasi seksual dan identitas gender masih terjadi di negara-negara di Asia Tenggara. Hal ini membuat YIFoS untuk ikut mendorong statemen dan rekomendasi yang dikeluarkan oleh Kaukus LGBTIQ pada forum tersebut. Ini menjadi bagian dari komitmen YIFoS sebagai organisasi berbasis komunitas untuk turut ambil bagian dalam gerakan perjuangan hak-hak LGBTIQ di level regional dan berproses terus untuk belajar dari berbagai organisasi maupun komunitas yang telah berperan sedari awal proses pembentukan Kaukus LGBTIQ ini.

[More about APF LGBTIQ Caucus statemen]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s